Latest News
pasang
pasang

Tips Memilih Domain Untuk Jualan Online

Domain merupakan aset yang berharga selain memiliki citra, gengsi dan kelas dalam kasta sebuah produk maupun jasa layanan. Domain juga bisa mempengaruhi nilai jual sebuah produk terlebih lagi kalau sudah menjadi branding.

Sebelum memilih kira-kira domain apa yang tepat dan bagus untuk jasa maupun produk yang akan kita jual dan tawarkan via online, ada baiknya anda melakukan perencanaan terlebih dahulu dengan matang biasanya yang sering saya lakukan menyiapkan kerangka terlebih dahulu.

Saya bahas lengkap di artikel --> Riset Pasar, Produk Yang Akan Kita Jual <-- sebenarnya ini materi workshop jualan modal blog gratisan yang harusnya ada dapatkan di kelas offline namun saya berikan secara gratis.

Nah, dengan berdasarkan hasil riset tadi kita bisa menentukan niche domain yang tepat untuk di jadikan nama website jualan produk kita, pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pada produk jualan teman saya yaitu sanggul atau konde.

Ternyata sanggul atau konde ini merupakan keanekaragaman budaya indonesia pasalnya konde atau sanggul hampir di setiap wilayah memiliki model tersendiri contoh sanggul bali, sanggul jawa jogja dan sebagainya.

Kebetulan ibunya mbk ana ini salah satu pengrajin sanggul di yogyakarta yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia sanggul atau konde mungkin anak muda jaman sekarang tidak tahu apa itu sanggul dan apa itu konde?.

Singkat cerita setelah hasil riset perencanaan produk selesai faktor-faktor berikut ini yang bisa anda gunakan untuk di jadikan patokan kira-kira naman atau alamat website kita apa ya. Beriku, Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat? Secara umum melengkapi dari apa yang sudah saya paparkan di atas:


Gunakan nama produk
Pada kasus ini saya sedang mengerjakan webstie yang nantinya akan di gunakan untuk jualan sanggul atau konde nah kita bisa menggunakan nama benda atau produk tersebut misal sanggul.com konde.com namun biasanya alamat demikian sudah di pakai terlebih dahulu jika produk kita pasaran. Nah biasanya jika domain tersebut sudah di pakai saya sisipkan kata kerja sehingga menjadi sanggulan.com " sanggulan dalam bahasa indonesia berarti memakai sanggul "


Kata kunci produk
Apapun bisnis dan jualan anda pasti kebanyakan orang akan cari informasi terlebih dahulu di mesin pencarian google, nah manfaatkan kata kunci atau " keyword " dalam bahasa teknis. Misal jualkonde.com atau jualsanggul.com tinggal di pilih saja kira-kira bagus yang mana. Pokoknya kalau bisa gunakan domain yang paling dekat dan paling sesuai dengan produk dan jasa anda.


Gunakan Domain Perusahaan
Biasanya yang menggunakan domain berektensi perusahaan di indonesia sudah berbadan hukum minimal cv dan pastinya memiliki aset yang luar biasa inilah sebuah gensi dari sebuah domain di indonesia yaitu ber ektensi .id,co.id,web.id,ac.id dan sebagainya pokoknya ektensi akhir dot id. Ya memang sih akan kelihatan keren misal sanggul.id atau sanggul.co.id itu semua saya kembalikan ke pribadi masing-masing. Selain mahal penggunaan domain id ini juga banyak syarat dan ketentuannya.


Budget Pembelian Domain
Siapkan dana secukupnya jika anda mementingkan sebuah gensi, pasalnya beberapa domain ada yang harganya ‘diatas normal’ mirip istilah kita beli ‘nomor cantik’ ketika cari nomor buat handphone --> Daftar Domain Termahal Di Dunia <--. Nah definisi cantik di domain juga bermacam-macam itu relatif dan tergantung pribadi masing-masing. He..heheee.....ngomong-ngomong domain cantik saya juga jualan domain cantik dan berkualitas lho..di intip ya --> Jual domain cantik dan berkualitas <--.


Jangan Gunakan Trademark
Jauhi penggunaan nama domain yang kata kata itu berbentuk merek atau ada trademarknya, kecuali mendapatkan ijin resmi serta ada perjanjian berkekuatan hukum yang menjadi dasar penggunaannya oleh anda. Umumnya nama domain tidak terlalu banyak mengandung angka atau tanda baca lainnya.


Gunakan Domain Bekas Berkualitas
Hal yang sering saya lakukan yaitu membeli nama domain bekas (sudah pernah dipergunakan orang lain) dengan kebutuhan domain tersebut saya arahkan untuk meningkatkan trafik dan backlink selain itu saya implementasikan dengan menggunakan SEO.

Hal yang perlu di ingat jika anda ingin menggunakan domain bekas pastikan domain tersebut punya riwayat backlink yang bagus, PA DAnya di atas sepuluh, minimal punya pagerank satu syukur-syukur diatas dua, dan jauhi domain yang sudah memiliki banyak riwayat drop (perhatikan gambar) dan terkena pinalti deindex oleh google:

Tips lain yang sering saya gunakan untuk jualan online dengan menjual Satu produk / Bisnis namun memiliki beberapa nama domain dan kontak person yang berbeda sesuai target dan strategi pemasaran onlinenya. Hal ini pernah saya terapkan di produk hewan dan tanaman obat seperti kunyit hitam, tungku aromaterapi, dompet kulit ikan pari, tanaman obat, jahe merah, ayam hias, ikan hias dan merpati hias.
   
Demikian tadi Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat khusunya untuk memulai jualan online melalui website atau blog semoga bisa membantu dan bermanfaat.
pasang