Latest News
x

Riset Pasar Untuk Produk Yang Akan Kita Jual

Melalukan riset pasar sebelum memutuskan untuk berjualan online bagi saya merupakan kegiatan wajib untuk menyimpulkan sebuah produk apakah layak untuk di jual dan berpotensi laku atau tidaknya.
Riset Pasar Untuk Produk Yang Akan Kita Jual

Walaupun apapun itu produknya kalau di jual di internet pasti laku, cuman rame atau tidaknya tergantung produk dan target pasarnya. Misal saya jualan barang antik atau barang lawasan seperti rumah limasan, gebyok atau rumah joglo.

Barang seperti gebyok, limasan dan joglo target pasarnya adalah orang-orang yang suka seni keindahan, budaya dan barang-barang antik. Walaupun penggemar dan target pasarnya tidak banyak tetapi sekali laku cukup untuk hidup 1-2bln.

Kalau pingin stabil ya cari produk yang di butuhkan banyak orang seperti pulsa, kartu perdana internet, pakaian, sepatu, tas, dompet dan sebagainya.

Selain barang kita juga bisa jualan jasa seperti yang saya geluti yaitu jasa pembuatan website dan blog, service laptop, service printer dan jasa pembuatan pin.

Conoth Kasus

Produk yang akan saya jual yaitu sanggul / konde, karena saya belum tahu respon pasar online seperti apa untuk itu kita harus riset pasar konde / sanggul itu sendiri.

Nah bagai mana caranya? Cara yang paling sederhana dan mudah menggunakan tools layanan yang di sediakan oleh google yaitu google trends dan google suggestion.

Apa itu google trends?
Pada dasarnya google trends merupakan sebuah aplikasi milik google yang dapat di gunakan untuk mencari dan mendapatkan sebuah data informasi yang paling trend atau paling terkenal di jagat dunia maya menurut versi google.



Dari parameter mesin pencarian google ini lah sebuah informasi di sajikan melalui google trands. Dari sinilah kita bisa melakukan sebuah riset pasar sebuah produk atau topik untuk mengoptimalkan website jualan kita agar lebih tertarget.

Informasi yang di sajikan google trands ini cukup detail bahkan perwilayah maupun daerah di seluruh dunia bisa kita peroleh informasinya secara lengkap dan akurat versi google.


Apa itu google suggestion?
Secara gampangnya google suggestion adalah saran dari mesin pencarian google yang tampil di mesin pencari ketika pengguna sedang menuliskan kata kunci.

Sebagai contoh, ketika anda menuliskan kata kunci “sanggul” di mesin pencari, maka google akan mengira-ngira kata kunci yang hendak anda tulis dengan maksud memberikan penjelasan kepada anda tentang kata kunci atau arikel yang kita cari.

Dengan kata lain google memberikan “saran kata kunci” kepada pengguna ketika hendak melakukan penelusuran di internet.

Contoh google suggestion bisa anda lihat dibawah ini.




Bagaimana google suggestion ini tercipta?

Google suggestion tercipta setelah ada artikel yang diposting di internet, lalu google akan menyimpannya di indeks mesin pencari dan akan dijadikan sebagai saran kata kunci bagi pengguna.

Jika tidak ada artikel yang terposting di internet maka google tidak akan menyimpan kata kunci tertentu di indeks mereka.


Dan jika anda menciptakan suatu artikel baru dan tidak ada yang menyamainya, maka artikel anda nantinya akan digunakan oleh google sebagai google suggestion.

Pertanyaannya adalah:

Mengapa google suggestion ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan blog jualan dan bagaimana cara melakukannya?

Ketika pengguna sedang menulis kata kunci di mesin pencari dan mereka melihat google suggestion, maka pengguna biasanya akan meng-klik google suggestion tersebut. Nah, google suggestion inilah yang harus kita gunakan sebagai bagian dari “judul postingan atau kata kunci untuk produk ” kita.

Nah dari kedua aplikasi tersebut kita bisa melakukan riset pasar suatu produk dan bisa menyimpulkan keywod apa yang paling banyak di cari dan di kota mana produk tersebut lebih laku di jual semua ada di google trends dan google suggestion.

Dari sini lah kita memulai menyusun strategi mulai dari kata kunci, pemilihan nama domain, target pasar dan untuk keperluan optimasi SEO.

Sebenarnya masih ada banyak tools yang bisa di gunakan untuk mengetahui minat pasar, dalam artikel lainnya akan saya bahas lagi.